Beranda » Saham » Tentang Saham

Tentang Saham

T Diposting oleh pada 21 September 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 252 kali

Saham adalah bukti kemilikan suatu individu/badan usaha pada sebuah perusahaan terbuka yang sahamnya tercatat dan ditransaksinkan di bursa efek. Jika nasabah membeli/memiliki saham dari suatu perusahaan, maka nasabah turut serta memiliki perusahaan tersebut dan juga memiliki hak pada kekayaan maupun penghasilannya. Sebagai pemilik, nasabah berhak mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan memiliki hak suara yang dapat turut menentukan kebijakan perusahaan serta menerima bagian dari keuntungan yang dibagikan pada pemegang saham (deviden).


Jenis saham di Bursa Efek Indonesia dapat dikategorikan sesuai dengan kapitalisasi pasar (besar nilai yang diperdagangkan), yaitu:

1. Saham Unggulan (Big Cap)  Saham jenis ini mayoritas tercatat pada indeks LQ45. Selain nilai kapitalisasinya yang besar, saham-saham ini juga tergolong saham perusahaan besar dengan kinerja dan fundamental yang baik.
2. Saham Lapis Kedua (Medium Cap) Saham jenis ini setingkat dibawah blue chip. Pergerakan harganya cenderung fluktuatid dan ada beberapa saham yang kurang likuid. Namun, fundamental perusahaan cukup baik dan masih dalam tahap proses berkembang.
3. Saham Lapis Ketiga (Small Cap) Saham jenis ini memiliki kapitalisasi pasar yang kecil dan sedikit orang yang memilikinya.

KEUNTUNGAN

Deviden
Pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan dan berasal dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan. Deviden diberikan setelah mendapat persetujuan dari pemegang saham dalm RUPS. Jika seorang investor ingin mendapatkan deviden, maka investor tersebut harus memegang saham tersebut dalam periode dimana diakui sebagai pemegang saham yang berhak mendapatkan deviden.
Capital Gain
Selisih antara harga beli dan harga jual dari saham yang dimiliki oleh investor. Capital gain terbentuk dengan adanya aktivitas perdagangan saham di pasar sekunder. Misalnya investor membeli saham ABC dengan harga per saham Rp 3.000 kemudian menjualnya dengan harga Rp 3.500 per saham yang berarti investor tersebut mendapatakan capital gain sebesar Rp 500 untuk setiap saham yang dijualnya.

RESIKO

Capital Loss
Merupakan kebalikan dari capital gain, yaitu suatu kondisi dimana investor menjual saham lebih rendah dari harga beli.
Resiko likuidasi
Resiko yang dapat terjadi dikarenakan saham yang dimiliki tidak dapat dijual dengan cepat atau pada harga yang diinginkan.
Delisting dari bursa
Penghapusan perusahaan di bursa maka perusahaan tersebut akan berubah status dari perusahaan publik menjadi perusahaan privat. Jika itu terjadi maka investor akan kesulitan dalam melakukan transaksi jual beli atau keluar masuk dalam kepemilikan saham.
Jenis Pasar Waktu Penyelesaian Transaksi 
Pasar Reguler
Tempat terjadinya mayoritas transaksi bursa. Investor dapat memasang posisi beli dan jual (negosiasi) di harga yang dikehendaki. Apabila terjadi kesepakatan, maka transaksi DONE. Saham yang diperdagangkan dalam satuan lot (100 lembar)
Hari bursa ke-3 (T+3) setelah terjadi transaksi bursa
Pasar Tunai
Hampir sama dengan Pasar Reguler, namun berbeda di sistem waktu penyelesaian transaksinya.
Hari bursa yang sama (T+0) dengan terjadinya transaksi bursa
Pasar Negosiasi
Hampir sama dengan Pasar Reguler dimana investor bisa bernegosiasi harga tetapi dilakukan diluar bursa (tetap diawasi bursa). Saham yang diperdagangkan dalam lembaran (tidak dalam satuan lot).
Sesuai kesepakatan penjual dan pembeli
Perdagangan di Pasar Reguler dan Pasar Tunai dalams atuan perdagangan (Round lot) yaitu 100 lembar. Perdagangan di pasar Negosiasi tidak menggunakan satuan perdagangan

Jadwal Perdagangan:

Kegiatan Keterangan Senin-Kamis Jumat
Pra Pembukaan Waktu untuk memasukkan harga beli/ jual (hanya untuk saham yag terdaftar pra pembukaan) 08.45-08.55 WIB 08.45-08.55 WIB
Pembentukan Harga Pembukaan Sistem akan melakukan harga sesuai input pra pembukaan 08.55-09.00 WIB 08.55-09.00 WIB
Sesi I Sesi I Perdagangan bursa 09.00-12.00 WIB 09.00-11.30 WIB
Istirahat 12.00-13.30 WIB 11.30-14.00 WIB
Sesi II Sesi II perdagangan bursa 13.30-15.50 WIB 14.00-15.50 WIB
Pra Penutupan Waktu untuk memasukkan harga beli/jual (untuk semua saham) 15.50-16.00 WIB 15.50-16.00 WIB
Pembentukan Harga Penutupan Sistem akan melakukan pembentukan harga sesuai input pra penutupan 16.00-16.05 WIB 16.00-16.05 WIB
Pasca Penutupan Waktu untuk penyelesaian transaksi (bila diinginkan) menggunakan harga penutupan 16.05-16.15 WIB 16.05-16.15 WIB
Tags:

Belum ada Komentar untuk Tentang Saham

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait Tentang Saham

Tentang Reksadana

Tentang Reksadana

T 21 September 2018 F A admin

Reksadana adalah Suatu sarana / wadah investasi yang terdiri dari sekumpulan efek (saham, obligasi, atau efek lainnya) yang: Dimiliki oleh sekumpulan investor Dikelola oleh Manajer Investasi profesional Disimpan dan diadministrasikan oleh Bank Kustodian Memperoleh pernyataan efektif dan diawasi oleh OJK... Selengkapnya

Mengapa Harus Berinvestasi?

Mengapa Harus Berinvestasi?

T 21 September 2018 F A admin

Investasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan berinvestasi di pasar modal. Satu yang pasti adalah bahwa investasi harus dilakukan sedini mungkin. Mengapa demikian? Setiap orang menginginkan hidup yang nyaman di masa depan atau di masa tuanya nanti.... Selengkapnya

Obligasi / Surat Utang

Obligasi / Surat Utang

T 21 September 2018 F A admin

Surat Utang merupakan sebuah surat yang perjanjian jangka menengah-panjang yang dapat dipindah tangankan yang berisi kewajiban bagi pihak yang menerbitkan untuk membayar imbalan berupa kupon pada periode tertentu secara berkala dan melunasi pokok utang pada waktu yang telah ditentukan (saat... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.